Pages

Sunday, 30 September 2012

Pembuat Film "Innocence of Muslims" Akhirnya Ditahan

VIVAnews - Polisi di negara bagian California, AS, akhirnya menahan   produser film "Innocence of Muslims" (IOM), yang telah mengundang kemarahan umat Muslim di mancanegara. Namun, penahanan Nakoula Basseley Nakoula bukan terkait film yang dibuatnya, melainkan menyangkut pelanggaran pembebasan bersyarat dari kasus penipuan perbankan. 

Menurut kantor berita Reuters, bersumber dari pejabat pengadilan di Kota Los Angeles, Nakoula langsung dihadirkan ke pengadilan pada Kamis waktu setempat. Di sidang itu, hakim memerintahkan Nakoula tetap ditahan dan tidak boleh dibebaskan dengan jaminan hingga peradilan atas dirinya selesai.

Pria 55 tahun itu diselidiki oleh aparat hukum apakah dia pernah melanggar pembebasan bersyarat dari penjara pada 2011 terkait kasus penipuan perbankan untuk membuat film. Berdasarkan pembebasan bersyarat, Nakoula dilarang menggunakan Internet atau memakai nama lain tanpa seizin petugas pembebasan bersyarat.

Dia bersembunyi berhari-hari setelah film IOM yang dia garap menimbulkan kemarahan umat Muslim di seluruh dunia, karena menghina Nabi Muhammad SAW. Cuplikan (trailer) film pendek IOM selama 13 menit itu muncul di laman YouTube dan menyebar cepat sebelum akhirnya diblokir di beberapa negara.


Pria keturunan Mesir itu, yang tinggal di Cerritos - pinggir kota Los Angeles - sempat diperiksa aparat hukum federal pada 15 September 2012 sebelum bersembunyi. Nakoula pun pekan lalu sudah mendapat gugatan perdata dari seorang aktris bernama Cindy Lee Garcia, yang muncul di film itu, atas kasus penipuan.

Produser film IOM itu dia kenal sebagai Sam Bacile. Garcia menilai Bacile alias Nakoula telah menipunya dengan menjebaknya terlibat di film yang sarat kebencian itu.

Padahal, ungkap Garcia, Bacile cuma menyebut bahwa mereka terlibat di suatu film petualangan di padang pasir. Dalam naskah skenario yang dia baca pada 2011, film garapan Bacile yang dilakoni Garcia berjudul "Desert Warrior," bukan "Innocence of Muslims."

Reaksi: