Pages

Thursday, 27 September 2012

Mobil Tanpa Sopir

TEMPO.CO, Jakarta - Mobil tanpa supir buatan Google telah berhasil berjalan sejauh 300.000 mil atau 482.803,2 kilometer tanpa kecelakaan sedikit pun. Jika panjang lingkar Bumi sekitar 25.000 mil, itu artinya mobil tersebut telah mengelilingi Bumi sebanyak 12 kali putaran.

"Untuk memberikan pengalaman terbaik, kami harus mengusai jalanan yang tertutup salju, menafsirkan sinyal konstruksi, dan menangani situasi sulit lainnya yang banyak dihadapi pengemudi," kata Chris Urmson, pemimpin ahli mesin untuk Google.

Urmson mengatakan, untuk langkah selanjutnya, anggota tim mobil tanpa supir akan segera mulai menggunakan mobil tunggal, bukan pasangan, untuk berbagai hal seperti perjalanan untuk bekerja.

Umron menyebutkan, keberhasilan tersebut merupakan sebuah tonggak penting. Soalnya hal ini membawa teknologi tersebut selangkah lebih dekat untuk setiap komuter. "Suatu hari kami berharap kemampuan ini dapat membuat orang lebih produktif dengan menggunakan mobilnya. Namun untuk saat ini tim kami akan tetap berada di kursi kemudi dan mengambil kontrol jika diperlukan," kata dia.

Urmson menjelaskan, sementara ini timnya tengah menguji logaritma mereka untuk tipe kendaraan lainnya. Mereka mencoba menambahkan pada mobil Lexus RX450h untuk membantu menyempurnakan referensi pada lingkungan yang berbeda dan medan yang berbeda pula.


"Dengan terobosan kami merasa lebih optimis mengirim teknologi ini pada masyarakat dan secara dramatis akan meningkatkan pengalaman berkendara mereka," kata dia.

Pada Juni 2012 lalu, Departemen Kendaraan Bermotor Nevada mengumumkan bahwa mereka telah memberikan lesensi pada Google untuk menguji mobilnya di jalanan umum. Izin tersebut merupakan lisensi nasional pertama mereka.

Depertemen tersebut mengatakan, setelah melakukan demonstrasi di jalanan Las vegas dan Kota Carson, mobil tersebut aman, dan bahkan mungkin lebih aman dari manusia.

Urmson menyatakan peluncuran mobil tersebut masih akan lama. Namun sebuah rumor dari dalam Google menyebutkan mobil itu akan meluncur ke pasar sekitar tiga hingga lima tahun ke depan.

Reaksi: