Lampiran 1 Surat
Nomor : 800 / 041/SD.036 / 2012
Tanggal : 25 Juni
2012
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Sebagai
salah satu sarana dalam memajukan profesi, meningkatkan kompetensi, dan karier
guru, peningkatan mutu guru melalui pemberdayaan kapasitas
Kelompok/Musyawarah/Forum Kerja Guru seperti KKG, MGMP, FKKG, FMGMP, menjadi
sangat penting. Program BERMUTU (Better Education through Reformed Management
and Universal Teacher Upgrading) yang telah berjalan hampir 4 (empat)
tahun menyediakan ruang bagi pelaksanaan kegiatan di Kelompok
Kerja/Musyawarah/Forum Kerja Guru yang dipandu oleh Pemandu yang telah dilatih.
Selama berjalannya Program BERMUTU, peningkatan kompetensi pemandu harus jelas
progresivitasnya dari tahun ke tahun mengingat perkembangan ilmu pengetahuan
dan teknologi yang menyangkut penguasaan modul-modul dan informasi BERMUTU yang
baru.
Berkenaan
dengan hal tersebut Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Barat
melalui DIPA tahun 2012 menyelenggarakan Kegiatan Pelatihan Guru Pemandu
KKG/MGMP bagi para Guru Pemandu penerima DBL BERMUTU tahun anggaran 2012.
Kegiatan dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi guru pemandu sehingga mampu
memberdayakan peserta belajar di kelompok dan musyawarah kerja guru.
Program
BERMUTU bertujuan untuk meningkatkan mutu pembelajaran sebagai dampak langsung
peningkatan kompetensi dan kinerja guru, yang selanjutnya akan meningkatkan
hasil belajar dan daya saing siswa.
Salah satu
komponen strategis untuk mencapai tujuan Program BERMUTU tersebut melalui
penguatan peningkatan mutu dan profesional guru secara berkelanjutan. Melalui
pemberian dana bantuan langsung (block grant) kepada Kelompok Kerja Guru (KKG).
Untuk itu
Kelompok Kerja dimaksud perlu didampingi serta difasilitasi oleh personil yang
mempunyai pengetahuan dan kemampuan yang baik dalam hal penyajian pembelajaran
dan pemanfaatan Program BERMUTU.
Untuk
mendapatkan personil-personil yang kompeten, perlu diberikan pelatihan kepada
pihak-pihak terkait (dalam hal ini Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan) yang
akan bertugas memberikan pelatihan secara berjenjang kepada Pemandu yang akan
mendampingi dan mempasilitasi Kelompok Kerja Guru (KKG) agar dapat optimal
dalam implementasinya.
B.
Dasar Hukum
1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang
Sistem Pendidikan Nasional
2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14
Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.
3. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005
Tentang Standar Nasional Pendidikan.
4. SK Mendiknas Nomor 12/P/2007 Tanggal 10
Desember 2007 Tentang Provinsi dan Kabupaten Mitra Program BERMUTU.
5. DIPA LPMP Jawa Barat Nomor
0565/023-14.2.01/2012 Tanggal 9 Desember 2011.
C.
Tujuan
Tujuan kegiatatan
ini adalah melatih Guru Pemandu di KKG, MGMP, FKKG, FMGMP untuk meningkatkan
kemampuan para guru tentang Penilaian Kinerja Guru dan Pemahaman sistem
Pengendalian Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru, serta modul-modul lain terkait
dengan pengembangan keprofesian Guru yang dapat dimanfaatkan secara maksimal
pada kegiatan di Kelompok/Musyawarah/Forum Kerja.
D.
Manfaat
Manfaat
dari kegiatan ini adalah bertambahnya pengetahuan dan kompetensi para Guru
Pemandu di Kelompok dan Musyawarah Kerja Guru agar dapat digunakan dan
dimanfaatkan secara maksimal pada kegiatan di kelompok kerjanya.
E.
Sasaran
Sasaran
peserta Pelatihan Guru Pemandu untuk angkatan ke-2 (dua) ini adalah 164 orang
Guru Pemandu KKG/MGMP yang berasal dari 2 (dua) Kabupaten/Kota Mitra BERMUTU di
wilayah Provinsi Jawa Barat, yaitu 97 orang dari Kabupaten Sukabumi dan 67
orang dari Kabupaten Majalengka.
F.
Hasil Yang Diharapkan
Hasil yang
diharapkan dari kegiatan ini adalah :
1. Tersedianya hasil tes atas tingkat
pemahaman Guru Pemandu
2. Tersedianya data Guru Pemandu yang sudah
dilatih.
3. Tersedianya Laporan Kegiatan.
BAB II
PELAKSANAAN
A.
Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Pelatihan Guru
Pemandu KKG/MGMP Angkatan Ke-2 ini dilaksanakan pada tanggal 19 s.d. 23 Juni
2012 di Hotel DELAGA BIRU, Jl. Raya Cipendawa No. 417 Pacet – Cianjur Jawa
Barat.
B.
Peserta
Peserta
Pelatihan Guru Pemandu ini sebanyak 164 orang, yang berasal dari Kabupaten
Sukabumi dan Kabupaten Majalengka, dengan pembagian kelas sebagai berikut :
DAFTAR KELAS PEMANDU
|
||||||
Angkatan
|
KKG
|
MGMP
|
Jumlah
|
Kelas
|
||
II
|
Kab. Sukabumi
|
37
|
Kab. Sukabumi
|
4
|
41
|
D
|
Kab. Sukabumi
|
37
|
Kab. Sukabumi
|
4
|
41
|
E
|
|
Kab. Sukabumi
|
15
|
Kab. Majalengka
|
3
|
41
|
F
|
|
Kab. Majalengka
|
23
|
|||||
Kab. Majalengka
|
39
|
Kab. Majalengka
|
2
|
41
|
G
|
|
JUMLAH
|
164 Orang
|
C.
Fasilitator
Pelaksanaan
Pelatihan ini di fasilitasi oleh tenaga ahli yang kompeten dalam didangnya
yaitu narasumber Program BERMUTU dari Direktorat P2TK Dikdas, BPSDM dan PMP,
Widyaiswara LPMP, serta narasumber lain yang terlibat dalam NCT (National Core
Team), PCT (Provincial Core Team), dan DCT (District Core Team).
D.
Kepanitiaan dan Unsur Pimpinan
Panitia
adalah Pegawai Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Jawa Barat yang terdiri dari
Staf Seksi dan Subag Umum.
Penanggung Jawab Program :
No
|
Nama
|
Jabatan Rutin
|
Jabatan Kepanitiaan
|
1
|
Drs. H. Totoh Santosa, MM.
|
Kepala LPMP
|
Penanggung Jawab Program
|
Penanggung Jawab Akademis dan
Penyaji :
No
|
Nama
|
Jabatan Rutin
|
Jabatan Kepanitiaan
|
Kelas
|
1
|
Yusuf Iskandar, S.Pd., M.M.Pd.
|
Disdik Kab. Sukabumi
|
Penyaji / Fasilitator
|
Tim D
|
2
|
Dadang bachtiar, S.Pd.
|
SDN Pangestu Kab. Sukabumi
|
Penyaji / Fasilitator
|
|
3
|
Kundang, S.Pd.
|
Disdik Kab. Sumedang
|
Penyaji / Fasilitator
|
|
1
|
Ropidin, S.Pd.SD.
|
SDN Sukamerta I Kab. Karawang
|
Penyaji / Fasilitator
|
Tim E
|
2
|
Dra. Euis Ratna Mulyati, M.M.Pd.
|
SDN Cilangla Kab. Sukabumi
|
Penyaji / Fasilitator
|
|
3
|
Drs. Yadi Supriadi, M.Pd.
|
Disdik Kab. Sukabumi
|
Penyaji / Fasilitator
|
|
4
|
Suherman, S.Pd.
|
SDN Manglayang I Kab. Sumedang
|
Penyaji / Fasilitator
|
|
1
|
Anda Rupanda, S.Pd.
|
UPTD Pendidikan Gn.Guruh Skbm
|
Penyaji / Fasilitator
|
Tim F
|
2
|
Ridwanudin, M.Pd.
|
SMPN I Warungkiara-Sukabumi
|
Penyaji / Fasilitator
|
|
3
|
Sujarwo, M.Pd.
|
Disdik Kab. Majalengka
|
Tim Quality Assurance
|
|
1
|
Cucu Hadiati, S.Pd.
|
SMPN 2 Jatisari Kab. Karawang
|
Penyaji / Fasilitator
|
Tim G
|
2
|
Imas Trisnawati, M.Pd.
|
SDN Sukadana II Kab. Majalengka
|
Penyaji / Fasilitator
|
|
3
|
Rosid Adisasmita
|
Disdik Kab. Sumedang
|
Penyaji / Fasilitator
|
|
4
|
Tatan, M.Pd.
|
Disdik Kab. Sumedang
|
Tim Quality Assurance
|
Panitia :
No
|
Nama
|
Tugas Kepanitiaan
|
Kelas
|
1
|
Isbandi, ST., MM.
|
Ketua
|
D
|
2
|
Dodo Ismail Hudaya, S.Kom.
|
Anggota
|
|
3
|
Saodah
|
Anggota
|
|
4
|
Anbar Lutfi, SE.
|
Anggota
|
|
1
|
Drs. Edy Rachmiadi, MM.
|
Ketua
|
E
|
2
|
Nana Sumarna
|
Anggota
|
|
3
|
Asep Toto R
|
Anggota
|
|
4
|
Rosyid Hilman
|
Anggota
|
|
1
|
Aprilia Bertini
|
Ketua
|
F
|
2
|
Yaya Nurhidayat, A.Md.
|
Anggota
|
|
3
|
Ujang Risnawan
|
Anggota
|
|
4
|
Ahmad, AS., S.Pd.
|
Anggota
|
|
1
|
Kusman
|
Ketua
|
G
|
2
|
Taufik Rohman
|
Anggota
|
|
3
|
Ayi Sobirin
|
Anggota
|
|
4
|
Asep Surya
|
Anggota
|
E.
Alur Kegiatan
Kegiatan
dilaksanakan secara bertahap terdiri dari beberapa sub-kegiatan yang saling
terkait, mulai dari pembukaan, proses pelatihan, dan penutupan dengan alur
sebagai berikut :
Penjelasan
Teknis
|
Pembukaan
|
Pree - Tes
|
||||||||
Kebijakan PK
Guru,
|
Kebijakan
tentang
|
Dinamika
Kelompok
|
||||||||
PKB, dan PIGB
|
Peningkatan
PTK Dikdas
|
|||||||||
Andragogi
|
Kapita
Selekta
|
Pengelolaan
Kegiatan
|
||||||||
Tagihan
BERMUTU
|
Kelompok
Kerja
|
|||||||||
Peer Teaching
|
Penggunaan
Modul
|
PK Guru dan
PKB
|
||||||||
Mata
Pelajaran
|
||||||||||
Pengelolaan
Diklat
|
Post - Tes
|
P T L
|
||||||||
Guru Pemandu
|
||||||||||
Penutupan
|
F.
Struktur Program, Jadwal, dan Silabus
Terlampir
G.
Pembiayaan
Kegiatan
Pelatihan Guru Pemandu ini biaya seluruhnya dibebankan pada DIPA LPMP Provinsi
Jawa Barat Tahun 2012 yang diperuntukkan bagi ATK, Konsumsi, Akomodasi Peserta,
serta kegiatan lain yang berkaitan.
H.
Tata Tertib
1.
Tata Tertib Administrasi
Peserta kegiatan Pelatihan Guru
Pemandu KKG/MGMP wajib melaporkan dan menyerahkan Surat Tugas kepada panitia
pada saat Check-In.
2.
Tata Tertib Akademis
1. Peserta wajib hadir dalam acara pembukaan,
selama pelaksanaan kegiatan, dan penutupan sesuai dengan jadwal yang telah
ditetapkan.
2. Peserta wajib mengenakan kemeja dan
berdasi bagi pria, berpakaian resmi, rapi dan sopan bagi wanita pada kegiatan
siang hari. Sedangkan malam hari dapat berpakaian bebas tapi sopan dan rapi
(bukan berkaos dan atau bercelana jeans).
3. Peserta wajib hadir ditempat kegiatan 10
menit sebelum acara di mulai.
4. Peserta wajib mengisi daftar hadir pada
setiap hari sebelum acara dimulai.
5. Peserta wajib mengisi formulir biodata
peserta.
6. Peserta diharapkan proaktif memberikan
kontribusinya selama mengikuti kegiatan.
7. Peserta diharapkan ikut menciptakan
suasana kegiatan yang kondusif dan partisipatif.
8. Hal-hal yang belum diatur dalam tata tertib
ini akan diinformasikan lebih lanjut.
3.
Tata Tertib Akomodasi dan Konsumsi
1. Peserta menempati ruangan tidur yang sudah
ditentukan oleh panitia.
2. Peserta wajib melapor kepada panitia
pelaksana atau satpam bila hendak keluar dari lingkungan tempat menginap/hotel.
3. Peserta hanya diperbolehkan menerima tamu
di ruang yang sudah ditentukan panitia setelah terlebih dahulu mendapatkan izin
dari panitia kegiatan.
4. Sebelum meninggalkan kamar peserta wajib
mematikan listrik dan kran air serta mengunci kamar.
5. Peserta makan diruang makan pada jadwal
yang sudah ditentukan.
6. Peserta wajib berpakaian rapi dan sopan
pada saat makan.
7. Peserta tidak diperkenankan mengenakan
sendal jepit, sarung, kaos dalam, celana pendek, atau pakaian tidur pada saat
makan di ruang makan.
8. Peserta wajib mentaati peraturan yang dibuat
panitia sebagaimana tersebut di atas.
9. Peserta wajib mentaati peraturan dan tata
tertib yang dikeluarkan pihak hotel.
BAB III
PENUTUP
Demikian
laporan hasil pelaksanaan Kegiatan Pelatihan Guru Pemandu ini dibuat untuk
dijadikan sebagai bahan pelaporan kepada atasan terkait agar menjadi tahu dan
maklum. Semoga laporan ini dapat membawa manfaat, dan dapat di implementasikan
dalam pelaksanaan di Kelompok/Musyawarah Kerja Guru.