Senin, 25 Juni 2012

Laporan Pelaksanaan Tugas Pelatihan Guru Pemandu KKG/MGMP 2012


Lampiran 1 Surat Nomor        : 800 / 041/SD.036 / 2012
Tanggal                                   : 25 Juni 2012



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Sebagai salah satu sarana dalam memajukan profesi, meningkatkan kompetensi, dan karier guru, peningkatan mutu guru melalui pemberdayaan kapasitas Kelompok/Musyawarah/Forum Kerja Guru seperti KKG, MGMP, FKKG, FMGMP, menjadi sangat penting. Program BERMUTU (Better Education through Reformed Management and Universal Teacher Upgrading) yang telah berjalan hampir 4 (empat) tahun menyediakan ruang bagi pelaksanaan kegiatan di Kelompok Kerja/Musyawarah/Forum Kerja Guru yang dipandu oleh Pemandu yang telah dilatih. Selama berjalannya Program BERMUTU, peningkatan kompetensi pemandu harus jelas progresivitasnya dari tahun ke tahun mengingat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang menyangkut penguasaan modul-modul dan informasi BERMUTU yang baru.
Berkenaan dengan hal tersebut Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Barat melalui DIPA tahun 2012 menyelenggarakan Kegiatan Pelatihan Guru Pemandu KKG/MGMP bagi para Guru Pemandu penerima DBL BERMUTU tahun anggaran 2012. Kegiatan dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi guru pemandu sehingga mampu memberdayakan peserta belajar di kelompok dan musyawarah kerja guru.
Program BERMUTU bertujuan untuk meningkatkan mutu pembelajaran sebagai dampak langsung peningkatan kompetensi dan kinerja guru, yang selanjutnya akan meningkatkan hasil belajar dan daya saing siswa.

 
Salah satu komponen strategis untuk mencapai tujuan Program BERMUTU tersebut melalui penguatan peningkatan mutu dan profesional guru secara berkelanjutan. Melalui pemberian dana bantuan langsung (block grant) kepada Kelompok Kerja Guru (KKG).
Untuk itu Kelompok Kerja dimaksud perlu didampingi serta difasilitasi oleh personil yang mempunyai pengetahuan dan kemampuan yang baik dalam hal penyajian pembelajaran dan pemanfaatan Program BERMUTU.
Untuk mendapatkan personil-personil yang kompeten, perlu diberikan pelatihan kepada pihak-pihak terkait (dalam hal ini Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan) yang akan bertugas memberikan pelatihan secara berjenjang kepada Pemandu yang akan mendampingi dan mempasilitasi Kelompok Kerja Guru (KKG) agar dapat optimal dalam implementasinya.

B.     Dasar Hukum
1.      Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
2.      Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.
3.      Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
4.      SK Mendiknas Nomor 12/P/2007 Tanggal 10 Desember 2007 Tentang Provinsi dan Kabupaten Mitra Program BERMUTU.
5.      DIPA LPMP Jawa Barat Nomor 0565/023-14.2.01/2012 Tanggal 9 Desember 2011.

C.    Tujuan
Tujuan kegiatatan ini adalah melatih Guru Pemandu di KKG, MGMP, FKKG, FMGMP untuk meningkatkan kemampuan para guru tentang Penilaian Kinerja Guru dan Pemahaman sistem Pengendalian Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru, serta modul-modul lain terkait dengan pengembangan keprofesian Guru yang dapat dimanfaatkan secara maksimal pada kegiatan di Kelompok/Musyawarah/Forum Kerja.

D.    Manfaat
Manfaat dari kegiatan ini adalah bertambahnya pengetahuan dan kompetensi para Guru Pemandu di Kelompok dan Musyawarah Kerja Guru agar dapat digunakan dan dimanfaatkan secara maksimal pada kegiatan di kelompok kerjanya.

E.     Sasaran
Sasaran peserta Pelatihan Guru Pemandu untuk angkatan ke-2 (dua) ini adalah 164 orang Guru Pemandu KKG/MGMP yang berasal dari 2 (dua) Kabupaten/Kota Mitra BERMUTU di wilayah Provinsi Jawa Barat, yaitu 97 orang dari Kabupaten Sukabumi dan 67 orang dari Kabupaten Majalengka.

F.     Hasil Yang Diharapkan
Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah :
1.      Tersedianya hasil tes atas tingkat pemahaman Guru Pemandu
2.      Tersedianya data Guru Pemandu yang sudah dilatih.
3.      Tersedianya Laporan Kegiatan.

BAB II
PELAKSANAAN

A.    Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Pelatihan Guru Pemandu KKG/MGMP Angkatan Ke-2 ini dilaksanakan pada tanggal 19 s.d. 23 Juni 2012 di Hotel DELAGA BIRU, Jl. Raya Cipendawa No. 417 Pacet – Cianjur Jawa Barat.

B.     Peserta
Peserta Pelatihan Guru Pemandu ini sebanyak 164 orang, yang berasal dari Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Majalengka, dengan pembagian kelas sebagai berikut :
DAFTAR KELAS PEMANDU
Angkatan
KKG
MGMP
Jumlah
Kelas
II
 Kab. Sukabumi
37
 Kab. Sukabumi
4
41
D
 Kab. Sukabumi
37
 Kab. Sukabumi
4
41
E
 Kab. Sukabumi
15
 Kab. Majalengka
3
41
F
 Kab. Majalengka
23
 Kab. Majalengka
39
 Kab. Majalengka
2
41
G
JUMLAH
164 Orang

C.    Fasilitator
Pelaksanaan Pelatihan ini di fasilitasi oleh tenaga ahli yang kompeten dalam didangnya yaitu narasumber Program BERMUTU dari Direktorat P2TK Dikdas, BPSDM dan PMP, Widyaiswara LPMP, serta narasumber lain yang terlibat dalam NCT (National Core Team), PCT (Provincial Core Team), dan DCT (District Core Team).

D.    Kepanitiaan dan Unsur Pimpinan
Panitia adalah Pegawai Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Jawa Barat yang terdiri dari Staf Seksi dan Subag Umum.

Penanggung Jawab Program :
No
Nama
Jabatan Rutin
Jabatan Kepanitiaan
1
 Drs. H. Totoh Santosa, MM.
 Kepala LPMP
 Penanggung Jawab Program
Penanggung Jawab Akademis dan Penyaji :
No
Nama
Jabatan Rutin
Jabatan Kepanitiaan
Kelas
1
 Yusuf Iskandar, S.Pd., M.M.Pd.
 Disdik Kab. Sukabumi
 Penyaji / Fasilitator
Tim D
2
 Dadang bachtiar, S.Pd.
 SDN Pangestu Kab. Sukabumi
 Penyaji / Fasilitator
3
 Kundang, S.Pd.
 Disdik Kab. Sumedang
 Penyaji / Fasilitator
1
 Ropidin, S.Pd.SD.
 SDN Sukamerta I Kab. Karawang
 Penyaji / Fasilitator
Tim E
2
 Dra. Euis Ratna Mulyati, M.M.Pd.
 SDN Cilangla Kab. Sukabumi
 Penyaji / Fasilitator
3
 Drs. Yadi Supriadi, M.Pd.
 Disdik Kab. Sukabumi
 Penyaji / Fasilitator
4
 Suherman, S.Pd.
 SDN Manglayang I Kab. Sumedang
 Penyaji / Fasilitator
1
 Anda Rupanda, S.Pd.
 UPTD Pendidikan Gn.Guruh Skbm
 Penyaji / Fasilitator
Tim F
2
 Ridwanudin, M.Pd.
 SMPN I Warungkiara-Sukabumi
 Penyaji / Fasilitator
3
 Sujarwo, M.Pd.
 Disdik Kab. Majalengka
 Tim Quality Assurance
1
 Cucu Hadiati, S.Pd.
 SMPN 2 Jatisari Kab. Karawang
 Penyaji / Fasilitator
Tim G
2
 Imas Trisnawati, M.Pd.
 SDN Sukadana II Kab. Majalengka
 Penyaji / Fasilitator
3
 Rosid Adisasmita
 Disdik Kab. Sumedang
 Penyaji / Fasilitator
4
 Tatan, M.Pd.
 Disdik Kab. Sumedang
 Tim Quality Assurance

Panitia :
No
Nama
Tugas Kepanitiaan
Kelas
1
 Isbandi, ST., MM.
 Ketua
D
2
 Dodo Ismail Hudaya, S.Kom.
 Anggota
3
 Saodah
 Anggota
4
 Anbar Lutfi, SE.
 Anggota
1
 Drs. Edy Rachmiadi, MM.
 Ketua
E
2
 Nana Sumarna
 Anggota
3
 Asep Toto R
 Anggota
4
 Rosyid Hilman
 Anggota
1
 Aprilia Bertini
 Ketua
F
2
 Yaya Nurhidayat, A.Md.
 Anggota
3
 Ujang Risnawan
 Anggota
4
 Ahmad, AS., S.Pd.
 Anggota
1
 Kusman
 Ketua
G
2
 Taufik Rohman
 Anggota
3
 Ayi Sobirin
 Anggota
4
 Asep Surya
 Anggota

E.     Alur Kegiatan
Kegiatan dilaksanakan secara bertahap terdiri dari beberapa sub-kegiatan yang saling terkait, mulai dari pembukaan, proses pelatihan, dan penutupan dengan alur sebagai berikut :
Penjelasan Teknis

Pembukaan

Pree - Tes




Kebijakan PK Guru,



Kebijakan tentang



Dinamika Kelompok
PKB, dan PIGB
Peningkatan PTK Dikdas





Andragogi



Kapita Selekta



Pengelolaan Kegiatan
Tagihan BERMUTU
Kelompok Kerja




Peer Teaching
Penggunaan Modul
PK Guru dan PKB
Mata Pelajaran







Pengelolaan Diklat
Post - Tes
P T L
Guru Pemandu










Penutupan

F.     Struktur Program, Jadwal, dan Silabus
Terlampir

G.    Pembiayaan
Kegiatan Pelatihan Guru Pemandu ini biaya seluruhnya dibebankan pada DIPA LPMP Provinsi Jawa Barat Tahun 2012 yang diperuntukkan bagi ATK, Konsumsi, Akomodasi Peserta, serta kegiatan lain yang berkaitan.
H.    Tata Tertib
1.      Tata Tertib Administrasi
Peserta kegiatan Pelatihan Guru Pemandu KKG/MGMP wajib melaporkan dan menyerahkan Surat Tugas kepada panitia pada saat Check-In.

2.      Tata Tertib Akademis
1.      Peserta wajib hadir dalam acara pembukaan, selama pelaksanaan kegiatan, dan penutupan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.
2.      Peserta wajib mengenakan kemeja dan berdasi bagi pria, berpakaian resmi, rapi dan sopan bagi wanita pada kegiatan siang hari. Sedangkan malam hari dapat berpakaian bebas tapi sopan dan rapi (bukan berkaos dan atau bercelana jeans).
3.      Peserta wajib hadir ditempat kegiatan 10 menit sebelum acara di mulai.
4.      Peserta wajib mengisi daftar hadir pada setiap hari sebelum acara dimulai.
5.      Peserta wajib mengisi formulir biodata peserta.
6.      Peserta diharapkan proaktif memberikan kontribusinya selama mengikuti kegiatan.
7.      Peserta diharapkan ikut menciptakan suasana kegiatan yang kondusif dan partisipatif.
8.       Hal-hal yang belum diatur dalam tata tertib ini akan diinformasikan lebih lanjut.

3.      Tata Tertib Akomodasi dan Konsumsi
1.      Peserta menempati ruangan tidur yang sudah ditentukan oleh panitia.
2.      Peserta wajib melapor kepada panitia pelaksana atau satpam bila hendak keluar dari lingkungan tempat menginap/hotel.
3.      Peserta hanya diperbolehkan menerima tamu di ruang yang sudah ditentukan panitia setelah terlebih dahulu mendapatkan izin dari panitia kegiatan.
4.      Sebelum meninggalkan kamar peserta wajib mematikan listrik dan kran air serta mengunci kamar.
5.      Peserta makan diruang makan pada jadwal yang sudah ditentukan.
6.      Peserta wajib berpakaian rapi dan sopan pada saat makan.
7.      Peserta tidak diperkenankan mengenakan sendal jepit, sarung, kaos dalam, celana pendek, atau pakaian tidur pada saat makan di ruang makan.
8.      Peserta wajib mentaati peraturan yang dibuat panitia sebagaimana tersebut di atas.
9.      Peserta wajib mentaati peraturan dan tata tertib yang dikeluarkan pihak hotel.


BAB III
PENUTUP

            Demikian laporan hasil pelaksanaan Kegiatan Pelatihan Guru Pemandu ini dibuat untuk dijadikan sebagai bahan pelaporan kepada atasan terkait agar menjadi tahu dan maklum. Semoga laporan ini dapat membawa manfaat, dan dapat di implementasikan dalam pelaksanaan di Kelompok/Musyawarah Kerja Guru.

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar