Pages

Monday, 3 December 2012

PENDATAAN POKOK PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN JENJANG PENDAS


Jika dilihat sepintas bagi kita terkait input pendataan Pokok Pendidik dan Tenaga Kependidikan Jenjang PENDAS (DAPODIK) ada beberapa hal yang kita garis bawahi sebagai hal yang patut kita renungi dengan berbagai macam ragam pendapat, diantaranya :
1.      Tidak tahu menahu karena awam akan teknologi karena pengolahan datanya memakai sistem teknologi (komputer) termasuk didalamnya internet (jaringan)
2.      Tidak merespon dan menyerahkan sepenuhnya kepada mereka (teman, rekan) kerja satu sekolah yang memiliki keahlian komputer
3.      Tidak resfek karena itu bagian kepala sekolah yang bertanggung jawab

Dari ketiga uraian tersebut banyak dijumpai di setiap unit kerja kita masing-masing. Padahal terkait dengan DAPODIK merupakan satu keterikatan yang tidak selayaknya dikerjakan dengan mengandalkan secara keseluruhan kepada seseorang, katakanlah operator sekolah. Sebab ketika terjadi kesalahan dalam penginputan data tersebut maka secara ramai-ramai menyuarakan : Menyalahkan operator sekolah (teman sendiri) karena ternyata Tunjangan Sertifikasi, Beasiswa, dan Dana Bantuan lain yang menyangkut pribadi maupun sekolah tidak dapat terealisasikan karena pendataan DAPODIK tidak benar.

Ironis memang ketika di awal menyerahkan segalanya kepada operator sekolah ketika terjadi kesalahan yang terkait pribadi ramai-ramai menyalahkan operator. Yang sebenarnya pendataan DAPODIK dikerjakan secara terkoordinir dengan semua rekan kerja, biarlah urusan terkait teknologi serahkan kepada rekan yang mampu untuk melakukannya, tapi untuk urusan input data lakukan oleh semua rekan kerka yang dipimpin dan diarahkan oleh kepala sekolah.
Untuk operator sekolah lakukan secara intensitas yang boleh dibilang sering untuk mengecek hasil update data ke kemendikbud melalui aplikasi dan web sehingga ketika terjadi kesalahan segera untuk ditindak lanjuti, bukan begitu selesai melakukan pengiriman selesai pula, yang pada kenyataannya masih banyak input data yang harus diperbaiki yang berimbas pada pribadi PTK dan juga sekolah.
SEMOGA BERMANFAAT..........................!!!!!

Reaksi: