Pages

Wednesday, 15 June 2011

Gerhana Bulan Total

Fenomena Alam Gerhana Bulan Total 16 Juni 2011 – Sebuah fenomena alam yang jarang kita lihat akan terjadi, yaitu terjadinya Gerhana Bulan Total, kapan itu terjadi? Menurut sumber yang saya baca, Fenomena Alam Gerhana Bulan Total akan terjadi dalam 2 kali di tahun 2011 ini, yaitu yang dalam waktu dekat ini pada tanggal 16 Juni 2011, dan selanjutnya pada tanggal 10 Desember 2011, dan yang menjadikan menarik yaitu kedua Gerhana Bulan Total tersebut dapat dilihat dari Indonesia.

Gerhana Bulan Total yang terjadi pada tanggal 16 Juni 2011, akan dimulai pada pukul 00.23 WIB yang ditandai dengan masuknya Bulan ke bayangan penumbra Bumi. Perubahan yang terjadi adalah berkurangnya kecerlangan Bulan, namun kita tidak akan dapat membedakannya secara kasat mata. Lalu pada pukul 01.22 WIB, bulan akan masuk ke umbra Bumi. Inilah saat terbaik mengamati gerhana, yaitu ketika Bulan purnama mulai berubah bentuk. Perlahan-lahan tepian Bulan menjadi gelap, seperti kue bakpao yang digigit bagian tepinya.
Fenomena Alam Gerhana Bulan Total 16 Juni 2011 – Ketika cahaya Bulan yang terlihat semakin sedikit, akan tampak warna kemerahan di bagian gelapnya. Puncaknya adalah ketika Bulan sudah masuk sepenuhnya ke dalam umbra, yaitu pada pukul 02.22 WIB. Puncak gerhana ini akan terjadi pada pukul 03.12 WIB. Bulan berada di dalam bayangan umbra selama hampir 2 jam hingga pukul 04.03 WIB. Saat itu seluruh Bulan tampak merah. Warna merah ini berasal dari sebagian cahaya Matahari yang masih diteruskan atmosfer Bumi. Dan proses gerhana akan benar-benar berakhir pada pukul 06.02 WIB, saat Bulan keluar sepenuhnya dari bayangan penumbra Bumi.
Dilihat dari waktunya, hanya Indonesia bagian tengah dan barat saja yang bisa melihat gerhana ini dari awal hingga akhir. Sementara bagian timur Indonesia tidak dapat mengamatinya hingga selesai karena Bulan akan terbenam dahulu. Tetapi untungnya bagian paling menarik dari gerhana ini, yaitu ketika Bulan berada di dalam bayangan umbra Bumi, dapat dilihat utuh dari awal hingga akhir dari seluruh Indonesia.
Fenomena Alam Gerhana Bulan Total 16 Juni 2011Bagaimana cara mengamati Gerhana Bulan Total 16 Juni 2011? Ada banyak cara untuk mengamati Gerhana Bulan, yaitu dengan mata telanjang bisa, binokular, teleskop, kamera, ataupun pengamatan melalui internet (streaming) juga bisa karena rencananya akan ada penayangannya di situs web Observatorium Bosscha dan Kemenkominfo. Beberapa lokasi yang akan menayangkan pengamatan gerhana Bulan nanti adalah Observatorium Bosscha, Observatorium Lhoknga, dan Planetarium Tenggarong. Untuk yang di Semarang, akan ada acara pengamatan yang diselenggarakan di Kampus IAIN Walisongo Jrakah.
dok. duniaastronomi.com

Reaksi: